Senin, 01 April 2013

MAKANAN FAVORITKU



           Ketoprak adalah salah satu makanan khas betawi yang menggunakan  ketupat sebagai bahan utamanya .yang membuat menarik dari makanan ini adalah taburan sayuran di atasnya yang masih segar dan fresh.biasanya ketropak di jajakan oleh pedagangnya melalui gerobak dorong yang biasanya berjualan ditempat keramaian ataupun disekitar perkomplekan .
        
           Sedikit bercerita ya gan , saya mulai menggemari ketoprak saat saya di ajak teman saya mampir di abang ketoprak langganannya .sebut saja namanya mang fajar. kebetulan saat itu saya dalam keadaan lapar,karena sarapan yang biasanya disiapkan ibu saya ,tidak lagi disediakan karena warung tempat biasa ibu saya membeli sarapan sedang tutup.alhasil kami pun mampir di warung ketoprak itu. saya ingat pertama kali saya memesan ketoprak saya minta dikasih sayuran segar seperti kangkung ,mie,daun pepaya ,kacang panjang,kentang,, hehehehe saya kira ketoprak itu lotek versi jakarta gan.lotek itu asalnya dari kampung saya gan .jadi jangan bingung dulu.saya malu banget karena sok tau banget haha. saya langsung ingat kata temen saya "gapapa lah buat pengalaman(ini celotehan temen saya)".

           Komponen utamanya adalah ketupat,bihun ,tauge,ketimun tahu, bahkan biasanya juga menggunakan telur rebus sabagai pelengkap ,saya sih lebih senang datambah telur biar lebih "greget"(ini juga celotehan teman saya) hehe .saat memakannya.dan juga dilengkapi dengan saus kacang , kecap dan bawang goreng . dengan bumbu inilah ketoprak menjadi terasa nikmat.dan jangan lupa sentuhan terakhir terletak pada taburan kerupuk atau emping yang crispy sehingga membuat ketoprak menjadi lebih memiliki taste yang super unik dan lezat tentunya.ada beberapa pedgang yang juga menyertakan tempe sebagai peneman tahu pada ketoprak yang dia hidangkan.

           Ketropak paling nikmat disantap saat pagi hari sebagai menu breakfast . Makanan ini sangat mudah dijumpai khusunya di ibukoata jakarta ini.dengan harga yang terjangkau kita bisa menikmati hidangan lezat ini sebagai pengganjal perut sebelum memulai aktifitas.semua kalangan bisa menikmatinya. saat menyantapnya lebih nikmat ditemani dengan secangkir teh hangat.

           Inilah hal yang penting bagi anda yang ingin membuat ketoprak sendiri. simak dan pelajari dengan sungguh-sungguh ya gan.

RESEP KETOPRAK

RESEP BAHAN KETOPRAK
100 gram bihun kering lalu seduh dengan air mendidih lau tiriskan
150 gram tauge ,buang akarnya,seduh dengan air mendidih lalu tiriskan
8 buah tahu kuning 5x5 cm lalu goreng matang , potong dadu 1,5 cm
100 gram kerupuk sagu,atau kerupuk udang,serta emping goreng
kecap manis sesuai selera
bawang goreng
seledri cincang

RESEP BUMBU HALUS KETOPRAK
3 siung bawang putih
5 butir cabai rawit
1 butir cabai merah
50 gram kacang goreng atau sangrai
1-2 sendok teh cuka
50 ml air masak


CARA MEMBUAT KETOPRAK

1.potong ketupat dengan bentuk sesuai selara.dan letakkan di piring
2.lalu susun bihun,tahu goreng,tauge,bawang goreng dan seledri.
3siapkan bahan bahan bumbu halusnya lalu ulek sampai merata dan benar benar halus. jika sudah halus tuangkan pada bahan ketoprak yang sudah disiapkan tadi.
4.taburkan kerupuk goreng atau emping di atasnya dan makanan siap dihidangkan .

referensi :
 indonesiatanahairku-indonesia.blogspot.com/2012/12/ketoprak-di-indonesia-dan-sejarahnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar