Kamis, 10 Mei 2012

SEJARAH SPREADSHEET



SEJARAH  PERKEMBANGAN SPREADSHEET 
Pengertian Spreadsheet
       Spreadsheet merupakan aplikasi komputer yang mensimulasikan kertas, akuntansi worksheet. Aplikasi ini menampilkan beberapa sel biasanya dalam kotak matriks atau dua dimensi terdiri atas baris dan kolom. Setiap selnya berisi teks alfanumerik, nilai numerik atau rumus. Rumus menentukan bagaimana isi sel yang akan dihitung dari isi sel lain (atau kombinasi dari sel-sel) setiap kali setiap sel diperbarui. Spreadsheet yang sering digunakan untuk informasi keuangan karena kemampuan mereka untuk menghitung ulang seluruh halaman secara otomatis setelah perubahan ke satu sel dibuat.

Dimensi pseudo ketiga matriks kadang-kadang digunakan sebagai lapisan lain, atau / lapisan lembaran, data dua dimensi.
VisiCalc biasanya dianggap sebagai spreadsheet elektronik pertama (walaupun ini telah ditantang), dan membantu mengubah komputer Apple II menjadi sukses dan sangat membantu dalam aplikasi luas mereka. Lotus 1-2-3 adalah spreadsheet terkemuka ketika DOS adalah sistem operasi dominan. Excel sekarang memiliki pangsa pasar terbesar di platform Windows dan Macintosh. 
'Spreadsheet' A batch tidak dapat dibedakan dari sebuah kompiler batch dengan data input menambahkan, menghasilkan laporan output (yaitu sebuah program batch komputer 4GL atau konvensional, non-interaktif,). Namun, konsep spreadsheet elektronik yang dicantumkan di koran 1961 "Penganggaran Model dan Simulasi Sistem" oleh Richard Mattessich. 
Karya berikutnya oleh Mattessich (1964a, Chpt 9,. Akuntansi dan Metode analitik) dan volume pendamping nya, Mattessich (1964b, Simulasi Kantor melalui Anggaran Program Komputer) diterapkan spreadsheet komputerisasi untuk sistem akuntansi dan penganggaran (pada komputer mainframe diprogram dalam FORTRAN IV). batch Spreadsheets ini ditangani terutama dengan penambahan atau pengurangan seluruh kolom atau baris (variabel input) - bukan 'sel' individu.
Pada tahun 1962 ini 'konsep' dari spreadsheet (disebut BCL untuk Usaha Komputer Language) diimplementasikan pada IBM 1130 dan pada tahun 1963 adalah porting ke IBM 7040 oleh R. Brian Walsh di Marquette University, Wisconsin.
Program ini ditulis dalam Fortran. timesharing primitif tersedia pada mesin tersebut. Pada tahun 1968 BCL adalah porting oleh Walsh ke mesin IBM 360/67 timesharing di Washington State University. Itu digunakan untuk membantu pengajaran keuangan untuk mahasiswa bisnis. Siswa mampu mengambil informasi disusun oleh profesor dan memanipulasinya untuk mewakili dan menunjukkan dll rasio Pada tahun 1964, Sebuah buku berjudul Bahasa Komputer Bisnis ditulis oleh Kimball, Stoffells dan Walsh dan baik buku dan program hak cipta pada tahun 1966 dan tahun kemudian hak cipta yang telah diperbaharui. Pada 60-an BCL Xerox digunakan untuk mengembangkan versi yang lebih canggih untuk sistem berbagi-pakai mereka.  
KEGUNAAN  SPREATSHEET

OpenOffice, sebuah paket aplikasi gratis dari Sun Microsystems untuk mengerjakan tugas-tugas perkantoran. Akhir-akhir ini mulai populer digunakan oleh berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya “Open” yang berarti terbuka, aplikasi ini memberikan sebuah fasilitas yang sangat menarik yaitu selain gratis kode pemrograman paket aplikasi ini dapat di download, dibaca, dimodifikasi, bahkan dijual lagi.
Dari sisi tampilan ataupun cara kerjanya, aplikasi spreadsheet tidak jauh berbeda dengan kebanyakan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office 2003. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membaca dan menulis file Microsoft Office. Jadi jangan khawatir jika kita mendapatkan file dengan format Microsost Office aplikasi ini masih dapat menghandlenya
Meskipun OpenOffice adalah aplikasi gratisan namun dari sisi kemampuan aplikasi ini cukup mumpuni untuk menggantikan eksistensi Microsoft Office yang notabene sudah cukup berpengalaman dalam dunia aplikasi perkantoran. Fitur yang dimiliki juga sudah cukup lengkap, misalkan kemampuan untuk scripting, create PDF, dan membuat database yang bisa dikoneksikan dengan MySQL.

SEJARAH  LOTUS  NOTES
Pengertian
          Lotus Notes merupakan sebuah sistem aplikasi database yang berorientasi dokumen yang terdistribusi dan merupakan suatu implementasi dari data dan program yang mendukung fungsi-fungsi bisnis dan kegunaannya yang dibuat oleh IBM software group. Lotus notes juga merupakan groupware yang menghubungkan user yang satu dengan user yang lainnya dalam suatu sistem yang terintegrasi dengan baik.

            Lotus notes  menggunakan data elemen semi-terstruktur seperti rich text dan grafik untuk memudahkan user dalam memodifikasi kata dan grafik. Lotus notes juga Update secara periodik (berkala). Selain itu, lotus notes juga menempatkan data dengan menggunakan views (query yang telah didefinisikan sebelumnya). Lotus notes juga dapat berbagi pakai (share recources) antar perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Disamping itu, Lotus notes juga diakses melalui full-text search.
Sejarah Lotus Notes
          Nama Lotus Notes sebenarnya terinspirasi dari nama seorang ilmuwan asal perancis yaitu Plato Notes. Lotus Notes pertama dikembangkan oleh Ray Ozzie dan Mitch Kapoor. IBM melihat adanya potensi dari aplikasi ini lalu akhirnya aplikasi Lotus Notes dibeli oleh IBM. Sekarang, lotus notes sudah sampai versi 8.5.
Kelebihan Lotus Notes
          Lotus notes mempunyai beberapa kelebihan, antara lain:
1.      Lotus notes memberikan user interface (tampilan) yang  standar untuk pengguna agar pengguna lebih mudah menggunakan aplikasi Lotus notes.
2.      Lotus notes compatible for (dapat dijalankan pada workstation) Windows, OS/2, Macintosh, dan UNIX.
3.      Lotus notes memungkinkan banyak user untuk mengakses data yang sama karena Lotus notes memiliki sistem yang terintegrasi dengan sangat baik.
4.      Menukar gagasan dan opini dari suatu kelompok kerja karena Lotus notes merupakan sebuah aplikasi yang well-integrated.
5.      Akses ke suatu informasi dapat dikontrol karena Lotus notes dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna tingkat atas seperti author.
6.      Aplikasi Lotus notes juga dapat menggunakan data eksternal seperti data dari Ms. Office dll.
7.      Aplikasi Lotus notes dapat mengatur alur kerja (workflow) yaitu mengatur tugas-tugas yang diberikan atasan yang harus dikerjakan oleh bawahan-bawahannya.
8.      Aplikasi Lotus notes dapat digunakan untuk dijadikan sebuah e-mail app seperti Microsoft Outlook.
9.      Aplikasi Lotus notes dapat melakukan Browsing dengan Internet Explorer yang sudah terdapat didalam aplikasi lotus notes.
Menubar  dan Toolbar pada Lotus Notes


Menubar dan Toolbar pada Lotus notes antara Lain:
1.      Mail                       = Yaitu menu untuk mengirim dan menerima email
2.      Contact                 = Yaitu menu untuk melihat, membuat dan mengatur kontak         teman, atasan, klien dll.
3.      Personal jurnal       = Yaitu menu untuk melihat dan membuat daftar atau list jadwal what to do, rapat, meeting dan lain-lain.
4.      Calender                = Yaitu menu untuk melihat dan membuat daftar atau list jadwal what to do, rapat, meeting dan lain-lain yang lebih detail karena didalamnnya tercantum jam, hari, minggu, dan bulannya.
5.      Addressbook         = Yaitu menu untuk memodifikasi kontak ,menulis memo, melihat daftar meeting, dan chat dengan kontak.
6.      To do                     = Yaitu menu untuk melihat apa yang harus dilakukan/ dikerjakan oleh seorang pekerja dari atasannya.
7.      Reflication            = Yaitu menu untuk melihat email yang telah keluar dan diterima dan untuk melihat database templates.
8.      Sametime connect = Yaitu menu untuk membuat bisnis lebih efektif,simple dan cepat.
9.      Favorite bookmarks = Yaitu menu untuk melihat daftar bookmarks.
10.  Database               = Yaitu menu untuk melihat workspace, database, dan membrowsing database.
11.  More bookmarks   = Yaitu menu sama seperti bookmark tetapi lebih kompleks.
12.  History                  = Yaitu menu untuk melihat apa saja yang telah dilakukan di dalam applikasi lotus notes.
13.  Internet exsplorer links = Yaitu menu melihat link-link yang disimpan dan masuk ke msn.com

Database pada Lotus Notes dan Cara Membuatnya


Database merupakan kumpulan-kumpulan informasi yang berhubungan yang disimpan dalam satu file. Database dapat berupa record  yang lengkap dalam jumlah besar misalkan 100000 pekerja. Setiap aplikasi Lotus Notes menggunakan paling sedikit satu database. Database direpresentasikan dengan  sebuah icon pada workspace user.

Langkah-langkah untuk membuat database pada Lotus Notes adalah sebagai berikut:
1.      Klik File selanjutnya pilih Database dan pilih New. Setelah itu dialog  New Database akan muncul di screen.
2.      Klik Local Server pada Server yang dipilih.
3.      Input judul database (Title).
4.      Input  file name.
5.      Pilih Blank - default form.
6.      Klik OK

Sejarah Perkembangan Microsoft Office
Microsoft Office dan perkembangannya dari tahun ke tahun memang perlu kita ketahui, agar  kita juga tidak ketinggalan dengan versi-versi terbaru dari microsoft office. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, dizaman sekarang keseharian hidup kita dalam hal pekerjaan “misalnya” tidak lepas dari Aplikasi perkantoran ini, seperti halnya untuk membuat surat, menginput data karyawan, membuat karya ilmiah dan lain sebagainya, semua itu kita bisa memanfaatkan Microsoft Office. Jadi, alangkah baiknya kita mengenal lebih jauh tentang sejarah microsoft office dan perkembangannya hingga sampai saat ini. Dalam perjalanannya, Sejarah Microsoft Office banyak mengalami perubahan dan penambahan fasilitas. Dan untuk mengenal lebih jauh serta mengikuti perkembangannya, berikut ini adalah beberapa kutipkan dari berbagai sumber sejarah dan perkembangan Microsoft Office terutama Excel.

Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat terkenal dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, "do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi".
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi "Microsoft Excel" dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel adalah *.xls.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.
Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang terpercaya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar