Kamis, 10 Mei 2012

SEJARAH 5 BROWSER

Mozilla Firefox


Sejarah Mozilla Firefox
Mozilla Firefox yang aslinya bernama Phoenix yang kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird merupakan penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla beserta ratusan sukarelawan. Sebelum dirilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama pada waktu dirilis, dan 6 juta download hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 merupakan salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla mempunyai tujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla. e-mail
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang telah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini telah tersedia untuk beberapa lamanya di browser. Browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya “perang browser”. lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera. Firefox telah mendapat perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya, pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, serta kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware dan minimnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespon bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Mozilla Firefox sekarang telah mencapai versi 3.7. Pada versi ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan “crash” jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. Dalam versi ini mozilla firefox 3.7 sudah mengalami banyak perbaikan. bahkan, pesaing utama web browser ini yaitu internet explorer  (IE) sudah mulai kehilangan para penggunanya dan berpindah ke browser mozilla.
Kemajuan Firefox memang sudah terlihat sejak versi 4. Pada saat itu, terdapat satu perubahan yang sangat mencolok, yaitu tampilannya. Hingga pada versi 9.0. semakin nampak pula “power” yang ditambahkan pada setiap versi. Beberapa perubahan yang dilakukan  adalah:
  1. Interface
Beberapa menu diubah dan disatukan mirip Microsoft office 2010. Ini menjadikan firefox tampak lebih “bersih”.
           2.      Penambahan “Pin Tab”
Fitur ini membuat tab yang di pin menjadi permanen. Akibatnya saat Firefox ditutup kemudian dibuka ulang maka tab tersebut akan tetap ada. Tab yang di pin dapat dilihat dari bentuk tab-nya, yaitu persegi dengan hanya bergambar icon dari halaman web yang bersangkutan saja.
           3.      Perbaikan tampilan Add-ons
Perubahan ini mengakibatkan tampilan pada add-ons lebih mudah dilihat.
           4.      Beberapa fitur pada saat sebuah tab diklik kanan (dalam bahasa Indonesia).
Diantaranya: Tab Baru, Duplicate Tab, Muat Ulang Tab, Jadikan Tab Permanen, Pindahkan ke Jendela Baru, Muat Ulang Semua Tab, Markahi Semua Tab, Batalkan Menutup Tab, Tab yang Baru Saja Ditutup, Tutup Tab, Tutup Tab Lainnya.
5.      Perubahan extrem engine firefox
Hal ini mengakibatkan beberapa add-ons tidak kompatibel sejak versi 4.
6.      Penambahan Tool Scratchpad JavaScript
Tool ini berfungsi untuk mengeksekusi JavaScript.
  1. Penambahan fitur Mode Penjelajahan Pribadi
Fitur ini akan membuat firefox tidak meninggalkan jejak di history, dll.
Kelebihan Pada Mozilla Firefox
Kelebihan dari penggunaan browser Mozila Firefox ini adalah sebagai berikut:
1.      One-Click Bookmarking
Bookmark, mencari dan menata atau mengorganisir Web site dengan cepat dan mudah.
2.      Instant Web Site ID
Menghindari penipuan online, transaksi tidak aman, dan penipuan semua itu dapat di lakukan dengan mudah melalui fitur site identifikasi.
3.      Improved Performance
Melihat website dengan lebih cepat, menggunakan sedikit dari kapasitas memori anda.
4.      Full Zoom
Menyaksikan halaman manapun dari sebuah halaman web, up close dan yang terbaca dalam hitungan detik.
5.      Password Manager
Dapat mengingat password situs tanpa perlu melihat sebuah jendela pop-up.
6.      Smart Location Bar
Menemukan situs favorit dalam hitungan detik – masukan istilah yang cocok pada address bar anda.
7.      Platform-Native Look & Feel
Browsing dengan Firefox yang terintegrasi dengan sistem operasi komputer anda.
8.      Banyak fitur tambahan (add ons),
Ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan user.
9.      Bandel
Cocok untuk membuka situs-situs multimedia. Updatenya mudah.
10.  Lebih Secure.
Tidak dapat dipungkiri bahwa internet explorer adalah sasaran utama para hacker baik yang amatir maupun yang sudah profesional.
11.  Ada Multi Browser Tab.
Kita bisa membuka banyak jendela dari sebuah browser firefox aktif. Hal ini tidak kita jumpai pada IE, sehingga kita harus membuka banyak IE jika mau membuka banyak jendela. Tak heran kita sering membentuk tumpukan taskbar yang sangat membingungkan. Hal ini tidak terdapat pada firefox.
12.  Mudah Digunakan.
Untuk membuka window baru untuk berselancar kita tinggal dobel klik (klik dua kali) pada bagian tab yang kosong (di bawah menu navigasi di bagian atas jendela). Untuk menutupnya kita tinggal memencet tombol scroll pada mouse anda (bila ada) pada window tab yang ingin kita close. Sedangkan untuk memilih jendela tab, kita tinggal memencet klik kiri pada tab yang ingin kita aktifkan atau lihat.
13.  Download lebih enak.
Kita bisa menyetop download yang sedang berjalan dan melanjutkannya di lain waktu yang disebut dengan fitur “resume”, namun tidak semua download dapat melakukan resume. Lalu download juga digabungkan menjadi satu jendela yang berbeda halnya dengan IE yang downloadnya terpisah-pisah dan harus membuka satu taskbar per jendela download yang aktif.
14.  Lebih Cepat.
Menurut orang-orang yang lebih expert firefox lebih kencang dalam berselancar dibandingkan dengan IE.
15.  Banyak yang menyukai Mozilla Firefox.
Karena aksesnya yang lumayan enteng. Performanya juga bagus, kecepatan browsingnya cepat. Tampilannya juga mantap.
16.  Ukuran aplikasi yang relative kecil.
Ukuran aplikasinya Yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB
17.  Dalam hal keamanan.
Browser Mozilla Firefox merupakan yang terbaik. Bila ada celah sedikit saja, dalam waktu beberapa hari, developer akan segera memperbaikinya.
18.  Bagi sering menggunakan e-payment seperti Klik BCA, Paypal, Liberty Reserve, dan lainnya, FireFox adalah pilihan terbaik.
19.  Gratis.
Semua orang pasti cinta yang gratisan, nah download FireFox itu juga demikian, tidak perlu membeli.
20.  Fasilitas Add-ons yang memukau.
Ini adalah fitur terbaik Firefox yang tidak dimiliki browser lainnya, yaitu netter bisa menambahkan Add-ons ke dalam browser. Add-ons FireFox sendiri sangat banyak. Yang biasa dipakai orang antara lain Download Manager, Download Video (bisa download video Youtube), safe search (mencegah masuk ke situs yang tidak benar). Tapi harap diingat, jangan terlalu banyak instalasi Add-ons yang tidak berguna karena bisa memberatkan browser, cukup yang dipakai saja.
Kekurangan Pada Mozilla Firefox
Kekurangan penggunaan browser Mozila Firefox ini adalah sebagai berikut:
  1. Kekurangannya Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall.
  2. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal.
  3. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
  4. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook. vqt
Google Chrome


Sejarah Google Chrome
Google telah mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Google meluncurkan Google Chrome karena mereka percaya, bahwa mereka dapat menambahkan nilai untuk para pemakai internet dan, pada waktu yang sama, mereka memberikan inovasi pada web browser.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk bercakap – cakap, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur-unsur terbaik di sana. Kita sadar bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar-benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, melainkan juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi. Sejak saat itu Google mulai membangun browser tersebut. Google Chrome masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai di diskusikan untuk lebih luas lagi. Google bekerja keras di tempat mereka bekerja untuk membangun versi Mac dan Linux juga, dan akan melanjutkan untuk membuat lebih sempurna dan lebih cepat lagi.
Suatu web akan menjadi lebih baik lagi dengan lebih banyaknya pilihan dan inovasi. Salah satunya adalah Google Chrome, dan mereka akan selalu berkontribusi untuk membuat web menjadi labih baik lagi kelak.
Keunggulan Google Chrome
Sudah tentu Google Chrome mempunyai perbedaan dengan browser lainnya. Perbedaan perbedaan tersebut antara lain, sebagai berikut:
1.      Ringan
Pertama kali dibuka, Chrome nyaris tidak terasa bebannya di resource CPU.
2.      Space Lega
Menu Bar dan Bookmark Bar lenyap (juga statusbar yang auto hide), ada ruang ekstra untuk melihat page yang sedang kita buka. Jadi lebih terasa nyamannya browsing dengan Chrome.
3.      Intuitif
Pertama kali dibuka, Chrome akan mengkonfirmasi apakah kita mau mengimport data-data dari browser lain seperti Firefox, IE, dll. Address Bar dibuat mirip dengan Firefox 3, punya Caption dan URL search, jadi cukup mengetikan URL atau Title dari sebuah page, kita akan diberi list URL yang relevan, hanya saja awal-awal proses penampilannya terasa lebih lambat dibanding Firefox 3, tapi setelah dibiarkan beberapa menit, sudah sama cepatnya dengan Firefox 3. Di Chrome, Address Bar juga berfungsi sebagai Search Box, dalam artian jika kita mengetik sebuah keyword (bukan URL), maka akan langsung berpindah ke halaman search (defaultnya adalah Google Search). Juga, setiap page yang kita buka akan masuk ke halaman Most Viewed (halaman yang muncul saat membuka tab baru). Cukup intuitif.
4.      Pencarian Teks (Updated)
Pencarian teks di Chrome cukup nyaman, saat kita mengetikan keyword, maka Chrome langsung mencari semua teks yang relevan, dan menandainya dengan warna kuning transparan. Di beberapa bagian scrollbar Chrome juga akan ditandai dengan warna kuning yang berarti teks yang relevan ada di posisi scrollbar tersebut. Find Prev / Next keyword juga mudah karena ada tombol Up / Down disebelah kolom keyword. Kita tetap bisa menggunakan shortcut F3 untuk find prev / next.
5.      Satu Kotak Untuk Semua
Di Google Chrome, kita dapat membuka apapun di web dengan satu kotak. Panel alamat yang terdapat di bagian atas jendela Chrome biasa, meringkas kerepotan ber-Internet karena berfungsi ganda sebagai kotak penelusuran. Kita juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai situs Web dan mengetahui keamanan situs Web.
6.      Halaman Tab Baru
Bila kita membuka tab baru, Google Chrome telah mengisinya dengan informasi bermanfaat. Dengan sekali klik, kita dapat membuka sumber informasi Web yang paling sering digunakan. Untuk membuka halaman Tab Baru, klik ikon + di sebelah tab terakhir.
7.      Kontrol Kerusakan
Setiap tab yang digunakan dijalankan secara terpisah di browser, sehingga jika salah satu aplikasi rusak, maka aplikasi lainnya tidak akan terpengaruh.
8.      Mode Penyamaran
Bila ingin menjelajah dalam mode ’siluman’, misalnya untuk merencanakan kejutan seperti hadiah maupun ulang tahun, Google Chrome menawarkan mode jelajah penyamaran. Halaman Web yang dibuka dan file yang di-download sewaktu Anda menggunakan penyamaran tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran dan download. Semua cookie baru terhapus setelah jendela penyamaran ditutup. Anda dapat menjelajah seperti biasa dan dalam mode penyamaran pada saat yang sama menggunakan jendela terpisah.
9.      Penelusuran Aman
Google Chrome akan menampilkan peringatan jika alamat Web yang tercantum pada sertifikat tidak sesuai dengan alamat situs Web yang akan diakses oleh Chrome. Bila Anda terhubung ke situs Web aman, server yang meng-host situs Web tersebut akan memberikan sertifikat kepada Chrome dan browser lainnya untuk memverifikasi identitas. Sertifikat ini berisi informasi seperti alamat situs Web yang dikonfirmasi oleh pihak ketiga yang dipercaya komputer. Dengan mencocokkan alamat dalam sertifikat dengan alamat situs Web, dapat dipastikan Anda berkomunikasi secara aman dengan situs Web yang dituju, dan bukan pihak ketiga (misalnya, hacker di jaringan).
Kelemahan Google Chrome
Jika ada keunggulan pasti juga ada kelemahan, begitu juga dengan Google Chrome, Google Chrome memiliki beberapa kelemahan, antara lain:
1.      Privasi
Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-nya. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”.
2.      Lisensi
Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
3.      Celah Keamanan
Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada Chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
4.      Extensions
Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
5.      Bahasa
Pada Chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
Internet Explorer


Sejarah Internet Explorer
Proyek Internet Explorer dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.
Windows Internet Explorer yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XML Http Request (inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.
Ada banyak fitur yang memudahkan peselancar di internet bekerja. Akan tetapi, ada tiga fitur utama yag patut dipahami dalam Internet Explorer 9.
1.      Chakra, Engine Javascript Baru.
Keseriusan Micrsoft di dalam merilis Internet Exporer 9 ditunjukan dengan loncatan luar biasa didalam peforma Internet Exporer 9. Engine javascript yang lama di turunkan dan diganti dengan engine javascript baru bernama chakra yag jauh lebh cepat. Selain itu, Internet Exporer 9 juga mendukung teknologi terbaru seperti CSS3, SVG2, HTML5, video support, dan GPU acceleration. Kolaborasi beberapa teknologi baru ini dinilai memberkan peningkatan performansi Internet Exporer 9 yang nyata.
2.      Space Browsing Lebih Luas.
Tidak seperti versi-versi sebelumnya yang dipenuhi dengan tombol dan ikon, versi Internet Exporer 9 ini benar-benar ringkas dibandingkan browser-browser alternative lainnya. Beberapa perubahan yang paling jelas terlihat adalah semain luasnya browsing space yang disediakan, toolbar yang hanya menyisakan tombol back dan forward, menu yang diorganisasi di sudut kanan layar, dan penempatan tab maupun address bar. Selain itu, addres bar juga mendukung custom search misalnya meakukan pencaria ke Bing, Google, Amazone, Wikipedia, atau bahkan Facebook, bias dilakukan dalam sekali klik.
3.      Menghilangkan Tracking.
Fitur andalan ke tiga adalah dari sisi keamanan. Internet Exporer 9 menyediakan layanan Do Not Follow yang memproteksi privasi penggunanya dari tracking yang dilakukan oleh website tertentu. Dengan fitur ini, pengguna Internet Exporer 9 tidak perlu lagi merasa khawatir aktifitas berseleancarnya dimata-matai oleh website yang bersangkutan. Bahkan menurut Digital Trends, konsorsium W3C menyambut baik langkah Microsoft ini dan berencana untuk memahas ide menjadikan fitur ini sebagai salah satu web-standard.
Selain itu ada beberapa fitur Internet Exporer 9 yang lain, misalnya pinned-tab dan aero-snap. Tak seperti browser lain, Internet Exporer 9 punya keunggulan karena terintegrasi dengan windows. Salah satu fitur IE9 yang menggambarkan ini adalah pinned-site, yang banyak dimanfaatkan layanan web seperti Facebook dan Twetter atau lainnya.
Keunggulan Internet Explorer
Internet Explorer memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah:
·         Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
·         Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
·         Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live
Kelemahan Internet Explorer
            Dalam Internet Explorer terdapat beberapa kelemahan, diantaranya:
1.      Ukuran aplikasi sangat besar, yaitu mencapai 80 MB an.
2.      Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
3.      Berat saat awal start dan saat membuka tab baru
4.      Browser ini kurang bandel. Gampang terkena virus saat browsing memakai ini. “IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker” .
Opera Browser


Sejarah Opera Browser
Opera dirancang oleh Opera Software dan dikembangkan oleh Opera Software. Dirilis pertama pada tanggal 10 April 1995. Opera menggunakan bahasa pemprograman C++JavaScript,GNU.
Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.
Fitur-fitur pada Opera
Sebuah tes kecepatan yang dilakukan situs teknologi ZDNet's pada awal tahun 2008 menunjukkan. bahwa di antara Internet Explorer 7, Safari 3, Firefox 3 versi pre-release dan Opera 9.5, Opera adalah browser yang tercepat di beberapa daerah. Namun satu-satunya browser yang dengan jelas diungguli oleh Opera adalah Internet Explorer.Pada versi 10.5, Opera menampilkan mesin JavaScript baru, serta vector graphics library baru.
Opera menghadirkan built-in tabbed browsing, pemblokiran iklan, perlindungan penipuan, download manager, klien BitTorrent, bar pencarian, dan web feed aggregator. Opera juga hadir dengan klien e-mail yang disebut Opera Mail dan IRC chat client built in.
Opera memiliki fitur "Speed Dial", yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan hingga 25 link (atau lebih, dengan mengedit file speeddial.ini) yang ditampilkan dalam bentuk thumbnail di halaman apabila tab baru dibuka. Thumbnail yang terhubung dengan halaman secara otomatis dihasilkan dan berfungsi untuk pengenalan visual pada halaman speed dial atau dapat diubah dengan menggunakan Opera Image Dial Generator. Setelah diatur, fitur ini mempermudah pengguna untuk menavigasi ke halaman web yang dipilih.
Opera memiliki fitur Opera Widgets, aplikasi web kecil yang berada di dalam Opera. Selain Widgets, "User JavaScript" dapat digunakan untuk menambah kustom JavaScript untuk halaman web.
Peramban Opera dapat dikembangkan fungsinya melalui plug-in, program yang relatif kecil yang menambahkan fungsi-fungsi khusus untuk peramban. Namun, Opera membatasi yang plug-in dapat lakukan dan tidak mendukung penuh pengembangan dari pihak luar. Opera melakukan hal ini sebagai jaminan kualitas, sehingga pengembang dari pihak luar tidak dapat memasukkan bug.
Keunggulan Opera
Kelemahan Opera

Safari






Sejarah Browser Safari
            Dikembangkan oleh Apple Inc. Safari dirilis pada 14 April 2011. Safari dapat dijalankan pada system operasi Mac OS X, Microsoft Windows, iPhone OS. Pada awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan peramban web bawaan di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai peramban web bawaan. Pada 11 Juni 2007, versi pratayang untuk Windows baik yang cocok untuk Windows XP dan Windows Vista dari Safari diperkenalkan pada Muktamar Pengembang Sedunia Apple di San Francisco.
Fitur-fitur yang terdapat pada browser Safari
            Pada Browser Safari mrmpunyai beberapa fitur-fitur yang cukup bagus seperti browser-browser lainnya, diantaranya:
  1. Perambanan melalui tab
  2. Pengaturan markah buku
  3. Boks pencarian web yang dapat diatur ukurannya pada toolbar baik yang menggunakan Google pada Mac atau Google atau Yahoo pada Windows
  4. Penghalang Pop-up ad
  5. Pencari history dan markah buku
  6. Pencari teks
  7. Pemeriksa ejaan
  8. Kotak teks yang dapat diperluas
  9. Pengisian otomatis pada bentuk web
  10. Dilengkapi dengan DOM yang bertindak sebagai inspektur yang memungkinkan pengguna dan pengembang menjelajahi Document Object Model dari suatu halaman web.
  11. Dapat menggunakan CSS 3 web font
  12. Dapat menggunakan animasi CSS
  13. Dapat menggunakan protokol ptoteksi keamanan layar (versi yang tidak diketahui)
  14. Bookmark yang telah terintegrasi dengan buku alamat
  15. Warna ICC yang mendukung tampilan profil
  16. Memungkinkan untuk melihat versi PDF
  17. Terintergrasi dengan pengaturan foto iPhoto
  18. Penggabungan surat internet
  19. Kemampuan untuk menyimpan halaman web yang telah disimpan pada Apple Dashboard
  20. Menjelajah web secara pribadi
Kelebihan Safari
Safari mempunyai kelebihan adalah sebagai berikut:
1.      Fitur terbaru yang menarik adalah penerapan Nitro Engine.
Dengan aplikasi ini browser bisa mengolah aplikasi-aplikasi web dengan lebih cepat karena Nitro Engine dapat mengeksekusi java script delapan kali lebih cepat dibanding dengan browser lainnya.
2.      Safari dilengkapi juga dengan Cover Flow
Yang membuat tampilan bookmark dan history browser lebih nyaman.
3.      Safari juga mendukung format modern web berbasis html 5
Yang dapat mengumpulkan web-web favorit yang sering dibuka oleh pengguna dalam bentuk thumbnail, mirip dengan yang dimiliki oleh Opera.
Kelemahan Safari
Safari mempunyai kelemahan adalah sebagai berikut:
1.      Tampak aneh sebagai aplikasi Windows,
Jjika anda pertama kali menggunakannya.
2.      Tak ada fitur restore kalau Safari hang.
3.      Adanya bug pada Safari
Telah diungkapkan pada bulan Mei lalu oleh peneliti keamanan, Nitesh Dhanjani. Bug pada Safari dapat berakibat attacker mampu untuk membuang desktop korban dengan eksekusi file executable (.exe), sebuah penyerangan yang dikenal dengan nama Carpet Bombing .
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar