Kamis, 12 April 2012

STRUKTUR ORGANISASI (MANAJEMEN)


STRUKTUR ORGANISASI FUN COFFEE LOUNGE & CAFE
 
Sebelum membahas lebih jauh tentang struktur organisasi, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari struktur organisasi itu sendiri. Struktur oragnisasi dapat didefinisikan sebagai susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi serta adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.

PENGERTIAN ORGANISASI
Pengorganisasian (Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan
 Jadi secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama, agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Berdasarkan arti dari organisasi yang diungkapkan oleh beberapa orang diatas, peran organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, karena perusahaan didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat dalam sebuah organisasi. Kesimpulanya, suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu membutuhkan organisasi didalamnya agar bias tercapai tujuan tersebut.
Seperti telah diuraikan sebelumnya tentang Manajemen, Pengorganisasian adalah merupakan fungsi kedua dalam Manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai dengan tujuan-tujuan, sumber-sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil pengorganisasian adalah struktur organisasi.
Pengertian Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam organisasi. Struktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan meninjukkan bagaimana fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan yang berbeda-beda tersebut diintegrasikan (koordinasi). Selain daripada itu struktur organisasi juga menunjukkan spesialisasi-spesialisasi pekerjaan, saluran perintah dan penyampaian laporan.
Secara singakt,Struktur Organisasi dapat didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasi diolah. Struktur organisasi terdiri atas unsur  spesialisasi kerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasi atau desentralisasi dalam pembuatan keputusan dan ukuran satuan kerja.

Organizational Planning
            Dalam sistem manajemen Fun coffee Lounge & Cafe, pemilik membawahi semua karyawan yang ada dibawahnya. Lounge & Cafe ini memiliki 8 karyawan yang terdiri dari 1 orang. manager yang membawahi 3 bidang, yaitu bidang keuangan,bidang  produksi dan bidang pelayanan konsumen. 


           Bagan struktur organisasi dari Fun Coffee Lounge & Café, ditunjukkan pada gambar 1.
 
Berikut ini dijelaskan pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing bidang:
    
    1.      PEMILIK 
            Pemilik Fun Coffe Lounge & Cafe bertugas mengatur dan mengawasi jalannya usaha  serta kerja para karyawannya. Pemilik Fun Coffe Lounge & Cafe bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha.

    2.      MANAGER OPERASI
Manager bertugas mengawasi dan membawahi 3 bidang, yaitu bidang pemasaran, bidang keuangan, bidang produksi dan bidang pelayanan konsumen. Manager bertangung jawab atas pengelolaan Fun Coffe Lounge & Cafe. Operasional Manager adalah seseorang yang ditunjuk sebagai kepala dalam operasional café.

Tugas Manajemen Operasional adalah berusaha mengelola secara optimal penggunan faktor produksi seperti tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.

 Tugas-tugas dari seorang manager, yaitu :

a. Mengawasi jalannya proses operasional cafe.
b. Bertanggungjawab terhadap jalannya operasional cafe.
c. Mengkoordinasi bahan-bahan operasional cafe.
d. Mengkoordinasi staff yang sedang bertugas.
e. Melakukan prediksi dan ide-ide dalam mempromosikan cafe.
f. Mengetahui hasil dari operasional cafe.
g. Mengawasi segala kebutuhan operasional cafe.
h. Menentukan jumlah kebutuhan operasional cafe.
i. Mengkoordinasi segala kebutuhan operasional cafe.
j. Bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional cafe.
k.Memberikan training kepada staff.
l. Purchasing
m.Accounting

            Manajer Operasi Dan Orientasi Manajer Operasi
Melakukan fungsi-fungsi proses manajemen : perencanaan, pengorganisasian, pembentukan staf, kepemimpinan dan pengendalian.Orientasi manajer operasi ialah mengarahkan keluaran/output dalam jumlah, kualitas, harga, waktu dan tempat tertentu sesuai dengan permintaan konsumen
            Tanggung Jawab Manajer Operasi:
a. Menghasilkan barang dan jasa.
 b.Mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan sistem transformasi.
 c.Mengkaji pengambilan keputusan dari suatu fungsi operasi.

    3.      BIDANG KEUANGAN
Bidang keuangan bertugas sebagai kasir yang mana harus dapat melayani pembayaran konsumen dengan ramah dan sopan.
   
    4.      BIDANG PRODUKSI 
Pada bidang produksi ini dipekerjakan 1 orang koki yang handal dan berpengalaman dan 1 orang bartender. Koki bertugas memasak dan mengolah semua menu cake,tugas lain koki adalah:
a. Menyiapkan pesanan dari tamu
b. memberikan pelayanan kepada tamu cafe
c. Bertanggungjawab terhadap proses produksi operasional cafe.
d. Membantu waiter atau waitress.
e. Membantu dalam memberikan pelayanan kepada tamu cafe.
f. Store Keeper
, sedangkan bartender bertugas membuat semua menu minuman yang ada di Fun Coffe Lounge & Cafe.

    5.      BIDANG PELAYANAN KONSUMEN
            Pada bagian bidang pelayanan konsumen ini terdiri dari 4 karyawan, 1 karyawan sebagai penerima tamu. Penerima tamu bertugas menyambut kedatangan pelanggan serta mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dan bertanggung jawab atas semua pelayanan yang diberikan kepada pelanggan Fun Coffe Lounge & Cafe. Selain itu, pramusaji juga bertugas membantu membersihkan perlengkapan makan yang kotor. Penerima tamu adalah sekempok orang yang bertugas untuk melayani kebutuhan tamu cafe. Tugas-tugas mereka, antara lain :

a. Melayani tamu secara profesional.
b. Memperhatikan kebutuhan tamu.
c. Mengetahui produk yang dijual.
d. Bertanggungjawab terhadap operasional cafe.
a. Menerima pesanan dari tamu.
b. Membuatkan makanan dan minuman tamu.
c. Menyiapkan makanan dan minuman tamu.
d. Membersihkan peralatan yang kotor.
e. Bertanggungjawab dalam proses produksi.
 1 karyawan sebagai coureer,coureer bertugas mengirim pesanan makanan dan minuman yang di pesan oleh pelanggan,1 karyawan sebagai security,security bertugas mengamankan keadadan café saat terjadi kericuhan  dan 1 karyawan lagi sebagai cleaning service. Cleaning service bertugas membersihkan ruangan yang ada di Fun Coffe Lounge & Cafe. Cleaning service memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan Fun Coffe Lounge & Cafe agar tetap bersih dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar