Rabu, 01 Januari 2014

3.3 HAMBATAN PASIF DAN CONTOHNYA



          Dalam suatu sistem ada yang namanya kerentanan dan ancaman (hambatan). Kerentanan dan ancaman dalam suatu sistem tidak dapat dipisahkan. Dalam tulisan saya sebelumnya, saya telah menulis tentang Hambatan Aktif dan contohnya maka dalam tulisan kali ini adalah tentang hambatan pasif dalam sistem dan contohnya.
          Hambatan pasif merupakan salah satu hambatan yang terjadi pada sistem yang disebabkan oleh ketidaksengajaan, misalnya bencana alam, matinya aliran listrik, dan lain-lain yang tidak disengaja.

          Contohnya saja ketika sesorang sedang mengerjakan suatu proyek penting di komputer, pada saat bersamaan terjadi gempa bumi yang menyebabkan gangguan jaringan dan listrik, sedangkan proyek tersebut belum tersimpan secara keseluruhan. Dalam hal ini tidak ada yang bisa disalahkan, karena merupakan bencana alam.
          Berbeda dengan hambatan aktif yang secara sengaja menghambat sistem, hambatan pasif biasanya diakibatkan oleh ketidaksengajaan atau tidak direncanakannya hambatan tersebut. hambatan pasif mencakup kesalahan-kesalahan system, termasuk gangguan alam, seperti gempa bumi, banjir, kebakaran, dan badai. Kesalahan system mewakili kegagalan peralatan komponen seperti kelemahan disk, kekurangan tenaga, dan sebagainya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada hambatan pasif yaitu pada perangkat keras dapat dilakukan dengan cara full backup data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar